Sabtu, 15 Oktober 2011

Kontroversi Hot Coffe

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Kontroversi permainan mini Hot Coffee
Berkas:Hot coffee.png
Sebuah cuplikan dari permainan mini seks yang dibuka dengan "Hot Coffee mod"
Pada pertengahan Juni 2005, sebuah software patch dengan judul "Hot Coffee mod" dirilis oleh Patrick Wildenborg (dengan nama Internet "PatrickW"), seorang modder berusia 38 tahun dari Belanda. Nama "Hot Coffee" merujuk pada cara untuk melihat adegan seks yang tersembunyi. Pada permainan yang belum dimodifikasi, pemain mengajak pacarnya ke depan pintu rumah sang pacar dan sang pacar meminta pemain masuk ke rumah untuk “segelas kopi”. Jika setuju, kamera tetap berada di luar rumah, dengan guncangan, sementara suara desahan terdengar dari dalam rumah.
Setelah menginstall patch, pemain dapat masuk ke rumah pacar yang dan berjumpa dengan permainan mini sederhana tentang persetubuhan dengan masih memakai baju. Dampak dari kontroversi ini menyebabkan respon public dari politikus di Amerika Serikat dan menyebabkan permainan ini ditarik dan dirilis ulang.
Pada 20 Juli 2005, produksi permainan ini di hentikan sementara dan permainan ini mendapat revisi rating dari ESRB dengan rating Adults Only, membuat San Andreas satu-satunya permainan konsol AO terbesar yang dirilis di Amerika Serikat. Rockstar memberikan distributor pilihan untuk menempelkan stiker rating Adults Only ESRB di setiap kopi permainan, atau mengembalikannya untuk diganti dengan tanpa konten Hot Coffee. Banyak retailers menarik permainan ini dari raknya dikarenakan peraturan tokonya yang melarang penjualan permainan AO. Rockstar North kemudian merilis patch "Cold Coffee" [41] untuk versi PC dan San Andreas rilis ulang dengan rating M. Versi PlayStation 2 dan Xbox juga dirilis ulang di "GTA Trilogy Pack"[42] untuk Xbox dan PlayStation 2, dengan edisi khusus untuk PlayStation 2 yang memasukkan film documenter Sunday Driver.
Pada 8 November 2007 Take-Two mengumumkan pengajuan sebuah penyelesaian kepada pengajuan perkara class action dikarenakan kontroversi Hot Coffee. Jika pengajuan perkara disetujui oleh pengadilan, Take-Two dan Rockstar tidak bisa dimintai pertanggung jawaban atau kesalahan mereka. Konsumen juga dapat menukarkan kopi permainan dengan rating AO untuk versi rating M dan dikenakan biaya untuk penggantian $35 serta harus menanda tangani surat pernyataan..[43]
Sebuah laporan The New York Times pada 25 Juni 2008 mengungkapkan bahwa ada total 2,676 klaim untuk paket kompensas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar